menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Bantuan Kuota belajar Kemendikbud Kini Bisa Akses Semua Apikasi

Bantuan Kuota belajar Kemendikbud Kini Bisa Akses Semua Apikasi

Kuota Belajar Kemendikbud

Melalui sebuah video pada Akun YouTube resmi milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atau Kemendikbud. Kuota Belajar Kemendikbud tahun 2021 akan segera dibagikan ke seluruh masyarakat yang berstatus pelajar.

Melansir dari situs Kompas Tekno, Nadiem Makarim selaku Menteri Kemendikbud juga menyampaikan informasi tambahan. Kalau Kuota Belajar Kemendikbud untuk semua pelajar akan diberikan pada bulan Maret ini.

Kuota Belajar Kemendikbud 2021

Nadiem juga mengatakan kalau Bantuan Kuota Internet kali ini akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Jumlah kuota yang dibagikan mungkin akan lebih kecil dari sebelumnya.

Kuota Belajar Kemendikbud 3
Kunjungan Nadiem Makarim ke Sekolah Papua | Kemendikbud

Tapi Kemendikbud menjelaskan kalau jumlah Kuota kecil ini tapi akan memiliki fleksibilitas yang lebih banyak. Dengan kata lain, pembagian kuota kali ini akan bersifat umum tanpa adanya pembatasan.

Kuota Belajar Kemendikbud 1
Bantuan Kuota Belajar dari Pemerintah | HeadTopics.com

Jadi selain Aplikasi belajar, para pelajar nantinya juga dapat mengakses aplikasi lainnya seperti kuota internet pada umumnya. Hanya saja ada beberapa pengecualian yang dibuat oleh Kemendikbud. Beberapa aplikasi yang bersifat Game atau Permainan dan Sosial Media juga akan diblokir.

JANGAN LEWATKAN •
Negara dengan Pengguna Ponsel Paling Boros Paket Internet, Apakah Indonesia Juga Ikut?

Meskipun hal ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat, tapi karena kuota umum maka hal yang perlu diperhatikan adalah YouTube. Pasalnya YouTube tidak diblokir Kemendikbud, jadi para pelajar bisa mengaksesnya.

Kuota Belajar Kemendikbud 2
Ilustrasi Google | Pinterest

Terkait hal ini, Kemendikbud menjawab kalau mereka juga mendengar banyak pendapat dari Guru di Indonesia yang mengatakan. Kalau YouTube juga merupakan salah satu dari sumber yang memiliki banyak jenis Materi Pembelajaran.

Jumlah Bantuan Kuota Internet yang Dibagikan

Kuota Belajar Kemendikbud 4
Ilustrasi Bantuan Kuota Internet | Telkomsel

Mengenai jumlah Kuota Internet Kemendikbud yang akan dibagikan pada awal tahun 2021, kamu bisa simak daftarnya berikut ini.

1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

Untuk para siswa PAUD yang sebelumnya mendapatkan bantuan kuota internet sebesar 20GB. Terdiri dari 5GB Kuota umum dan 15GB Kuota belajar kini akan berubah menjadi 7GB Kuota umum per bulannya.

2. Siswa Pendidikan Dasar dan Menengah

Para Siswa SD dan SMP pun juga sama, kini mereka hanya akan mendapatkan kuota belajar Kemendikbud sebesar 10GB Per bulannya.

JANGAN LEWATKAN •
XL Bagi Bagi 2 Juta Kuota Internet Gratis di 3 Provinsi

3. Mahasiswa dan Dosen

Sedangkan untuk kuota belajar Kemendikbud bagi para Mahasiswa dan dosen akan mendapatkannya dalam jumlah yang lebih banyak. Sebelumnya mereka mendapatkan kuota belajar 50G per bulan yang dibagi menjadi 5G Kuota umum dan 45GB kuota belajar.

Tapi pada tahun 2021, kuota belajar kemendikbud hanya akan dibagikan sebesar 15GB Perbulan tapi dalam bentuk kuota umum.


Semoga informasi yang Teknodaim sampaikan kali ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Jangan lupa juga untuk selalu jaga kesehatan dan taati protokol kesehatan terutama memakai masker ketika keluar rumah oke.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks