menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita 5 Bahaya Download Aplikasi di luar PlayStore yang Wajib Kamu Ketahui!

5 Bahaya Download Aplikasi di luar PlayStore yang Wajib Kamu Ketahui!

Bahaya Download Aplikasi Di Luar Playstore

Sejak dulu para pengguna Android maupun iOS memang sudah bisa mendownload aplikasi pihak ketiga. Pasalnya PlayStore atau AppStore sendiri terkadang belum menyediakan aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan semua pengguna. Nah kamu sudah tahu belum bahaya download aplikasi di luar playstore? Nah bagi yang belum tahu, yuk simak berikut ulasannya sampai habis.

Banyak orang diluar sana saat menggunakan aplikasi tidak resmi tidak pernah peduli dengan resikonya. Aplikasi pihak ketiga selain tidak menjamin keamanan, aplikasi tersebut juga tidak mendukung update dari pihak developernya.

Melansir situs CNN Indonesia, Untuk itulah para pengguna Smartphone harus berhati-hati dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga. Sebab jika sembarangan dalam mengunduh aplikasi di luar PlayStore atau Apple Store, maka bisa saja membahayakan ponsel beserta seluruh data pribadi didalamnya.

Tapi kalau kamu download aplikasi yang aman di luar Google Play Store, mungkin kamu bisa mengunduh lewat Dafunda Download saja. Karena aplikasi yang mereka bagikan sudah aman dan gratis pastinya.

JANGAN LEWATKAN •
5 Aplikasi Tepat Untuk Kamu yang Gemar Berkebun!

5 Bahaya Download Aplikasi di Luar PlayStore

Mengenai bahaya-bahaya ketika mendownload dan menggunakan aplikasi pihak ketiga di luar PlayStore sendiri, kamu bisa simak daftar berkut ini.

1. Bisa Bikin Ponsel Lemot

Bahaya Download Aplikasi Di Luar Playstore 1
Ilustrasi Ponsel Lemot | Pixabay

Bahaya Download Aplikasi di Luar PlayStore yang pertama adalah mampu membuat ponsel menjadi lemot alias lambat. Berbeda dengan PlayStore yang hanya menampilkan aplikasi sesuai dengan spesifikasi ponsel pengguna.

Jika mendownload aplikasi pihak ketiga di luar PlayStore maka kamu dapat mengakses-nya meskipun spesifikasi ponsel milikmu tidak kuat. Sehingga dapat menyerang sistem operasi ponselmu secara perlahan hingga akhirnya menjadi lemot.


2. Berisi Virus Malware

Ilustrasi Virus Malware
Ilustrasi Virus Malware | Internet

Selain dapat membuat lemot, Bahaya Download Aplikasi di Luar PlayStore lainnya adalah berisi virus Malware. Hal ini sangat besar kemungkinannya soalnya aplikasi yang diunduh di luar PlayStore tidak akan mendapatkan Lisensi Google Play Protection.

JANGAN LEWATKAN •
Developer Faceindo Mobile Stop Pengembangan Aplikasinya, Kenapa?

Berdasarkan laporan Lab Kaspersky, ancaman virus Malware ini semakin meningkat pertahunnya seiring dengan perkembangan ponsel seluler. Virus Malware tersebut dapat memungkinkan peretas untuk dapat mengendalikan semua akses ponsel pengguna seperti kontak telepon dan email, lokasi, foto, kata sandi, hingga akun keuangan.


3. Sering Muncul Iklan Aneh

Bahaya Download Aplikasi Di Luar Playstore 2
Ilustrasi Iklan Internet | Pixabay

Bahaya Download Aplikasi di luar PlayStore selanjutnya adalah akan sering memunculkan iklan-iklan aneh. Hal ini tentunya akan membuat pengguna menjadi merasa tidak nyaman dan sangat terganggu.

Maka dari itulah jangan terlalu sering menginstal aplikasi pihak ketiga dari luar PlayStore ataupun AppStore, karena aplikasi itu tidak resmi dan mungkin berisi virus.


4. Mencuri Data Pribadi

Bahaya Download Aplikasi Di Luar Playstore 4
Ilustrasi Hacker | Shutterstock

Sebelum dapat menggunakan, biasanya aplikasi akan meminta izin terlebih dulu untuk dapat mengakses beberapa hal kepada pengguna. Dari sinilah celah untuk pelaku dapat mencuri data pribadi terbuka luas.

JANGAN LEWATKAN •
Harga Aplikasi iPhone di Indonesia Naik?

Dengan memberi izin akses kepada aplikasi seperti telepon dan kontak, maka pelaku dapat dengan mudah menyusup ke dalam ponselmu. Hal ini bisa juga disebut dengan serangan Cyber yang meliputi eksploitasi data seluler dan aplikasi dengan akses API yang tidak aman.


5. Lebih Banyak Memeras Kuota Internet

Bahaya Download Aplikasi Di Luar Playstore 3
Ilustrasi Boros Kuota | Chip.co.id

Bahaya Download Aplikasi di luar PlayStore yang terakhir ini bisa dibilang merupakan yang paling fatal dan sudah dialami oleh banyak orang. Biasanya aplikasi yang pengguna unduh di luar PlayStore itu memakan lebih banyak kuota internet bahkan melebihi perkiraan.

Apalagi ketika kamu mendownload aplikasi pihak ketiga tersebut dari sebuah website yang memiliki banyak iklan, akan memakan lebih banyak lagi kuota internet.


Itulah tadi 5 Bahaya Download Aplikasi di Luar PlayStore yang wajib kamu ketahui. Jika ada pertanyaan atau informasi tambahan lainnya, bisa tuliskan aja langsung di kolom komentar yang tersedia.

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks