menu
Teknodaim.com
Teknodaim.com Berita Mengenal Raidforums, Situs yang Buka Kasus Kebocoran Data Tokopedia

Mengenal Raidforums, Situs yang Buka Kasus Kebocoran Data Tokopedia

Bahas Soal Raidforums By Teknodaim

Sebelum bahas soal Raidforums yang jadi pembuka kasus Tokopedia, Teknodaim mau ngasih tau nih kalau kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana tersedia berbagai konten video Tutorial, Review dan lain-lain, jadi klik tombol Subscribe ya.

Awal mula yang menjadi kronologi terkuaknya kebocoran data yang menimpa Uicorn Tokopedia berasal dari salah satu forum online di internet. Forum yang dimaksud bukanlah Deep Web atau konten internet dari Dark Web. Namun adalah Raidforums.

Raidforums, Forum Bebas Para Peretas

Terkuaknya kasus yang dialami Tokopedia pertama kali dipublikasi di situs Raidforum dengan nama domain raidforums.com. Dimana pada saat itu, ada seorang pengguna dengan username Whysodank menawarkan data-data milik pengguna Tokopedia.

Namun yang cukup aneh, orang itu membagikan tentang temuannya ke Raidforum yang dimana situs itu bisa diakses pengguna internet reguler, tak berbahaya seperti masuk ke Dark Web. Rupanya, forum itu isinya orang-orang yang memang serupa.

Bahas Soal Raidforums By Teknodaim
Bahas Soal Raidforums By Teknodaim

Berdasarkan informasi yang dikutip dari sumber, Raindforums memang menjadi komunitas atau tempat orang-orang untuk membagikan bahasa atau konten seputar pembobolan di dunia maya. Sesuai dengan namanya, Raid yang berarti serangan.

JANGAN LEWATKAN •
Hacker China dan Iran Kirim Phising ke Presiden AS

Di forum itu, penggunanya juga bisa membuat lapak dan memasang harga sesuai keinginan mereka sendiri. Domain dari forum ini sendiri telah terdaftar di registar CloudFlare dan tercatat berlokasi di San Francisco, California, Amerika Serikat.

Raidforum berisi konten-konten negatif yang tak bisa dilihat sembarangan di platform sehat. Disini bahkan banyak sekali file-file berbahaya yang diunggah oleh orang acak.


Mengenai Pelaku

Setelah diteliti, rupanya sosok pengguna yang menjual 91 juta data pengguna di Dark Web adalah orang yang sama dengan yang disebutkan di Raidforum tadi, Whysodank.

Bahas soal Raidforums, menurut kamu apakah pelaku akan menjualnya dengan metode pembayaran yang lazim seperti PayPal atau Transfer Bank? Jawabannya tidak. Mereka-mereka ini pasti bertransaksi dengan Cryptocurrency seperti Bitcoin.


Sumber: Detik Inet

Add comment

Hidupkan Notifikasi    OK No thanks