Teknodaim

    China Rilis Aplikasi Deteksi Virus Corona, Gimana Cara Kerjanya Sih?

    Wabah virus Corona semakin memprihatinkan. Berdasarkan data update, saat ini sudah ada 60.000 korban terinfeksi dan 1.366 diantaranya meninggal dunia. Guna menghadirkan salah satu solusi baru, China merilis aplikasi deteksi Virus Corona. Baru-baru ini Pemerintah China merilis aplikasi yang dinamai Close Contact Detector. Dengan aplikasi tersebut, penggunanya bisa mengetahui apakah ia pernah mendekati atau pernah […]

    Aplikasi Deteksi Virus Corona

    Sumber Foto | Reuters

    Wabah virus Corona semakin memprihatinkan. Berdasarkan data update, saat ini sudah ada 60.000 korban terinfeksi dan 1.366 diantaranya meninggal dunia. Guna menghadirkan salah satu solusi baru, China merilis aplikasi deteksi Virus Corona.

    Baru-baru ini Pemerintah China merilis aplikasi yang dinamai Close Contact Detector. Dengan aplikasi tersebut, penggunanya bisa mengetahui apakah ia pernah mendekati atau pernah berada di sekitaran orang yang sudah terinfeksi.

    Gimana Cara Kerjanya?

    Close Contact Detector dirilis oleh Komisi Kesehatan Nasional setempat, pihaknya mengatakan kalau tanpa perlindungan yang efektif maka kemungkinan orang yang pernah kontak dekat adengan korban terinfeksi akan segera mengalaminya juga.

    Aplikasi deteksi Virus Corona yang dimaksud juga adalah hasil dari kerjasama Kantor Umum Dewan Negara dan Korporasi Grup Teknologi Elektronik China (CETC). Aplikasi ini tentu membantu orang yang baru melakukan perjalanan.

    China Rilis Aplikasi Deteksi Virus Corona, Gimana Cara Kerjanya Sih?
    Foto Deteksi Wabah Corona | Lol.co.za

    Untuk menggunakan aplikasi Close Contact Detector, pengguna terlebih dahulu harus melakukan pemindaian kode Quick Response atau QR di ponsel seperti layanan pembayaran Alipay atau juga bisa lewat platform media sosial WeChat.

    BACA JUGA:  Telkom Perkuat Internet di Rumah Sakit Darurat Covid-19

    Pengguna akan dimintai data seperti nama dan nomor telepon. Jika sudah, nomor itulah yang akan digunakan untuk melacak catatan lokasi yang pernah dikunjungi pengguna, lalu dicocokan dengan pengguna lain yang mungkin sudah terinfeksi.

    Selain aplikasi tadi, China juga menggunakan metode lain untuk memanfaatkan teknologi sebagai alat pembantu pencegahan penyebaran virus. Pemerintahan sana menggunakan Drone untuk menyampaikan informasi terkait wabah Corona.


    Sumber: Detik Inet

    Aplikasi Deteksi VirusClose Contact DetectorCoronaPendeteksi CoronaVirus CoronaWabah Corona

    In This Article

    Related Posts