Teknodaim

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya

    Penggunaan Internet sekarang sudah bukan lagi suatu hal yang awam bagi masyarakat, bahkan beberapa diantaranya ada yang menjadikannya sebagai Prioritas. Namun di samping itu semua, ada sebuah bernama Bandwitdh yang jarang diketahui banyak orang. Untuk itu pada pembahasan kali ini Teknodaim akan menjelaskan tentang Apa pengertian bandwidth. Bagi kamu yang sudah mendalami tentang dunia jaringan, […]

    Computer Technology Isometric Icon, Server Room, Digital Device Set, Element For Design, Pc Laptop, Mobile Phone With Smartwatch, Cloud Storage, Flat Vector

    Ilustrasi Jaringan Internet | Republika.ID

    Penggunaan Internet sekarang sudah bukan lagi suatu hal yang awam bagi masyarakat, bahkan beberapa diantaranya ada yang menjadikannya sebagai Prioritas. Namun di samping itu semua, ada sebuah bernama Bandwitdh yang jarang diketahui banyak orang. Untuk itu pada pembahasan kali ini Teknodaim akan menjelaskan tentang Apa pengertian bandwidth.

    Bagi kamu yang sudah mendalami tentang dunia jaringan, pasti tidak asing lagi dengan istilah Bandwitdh. Apa pengertian Bandwitdh? Untuk bisa memahaminya secara keseluruhan kamu perlu mengetahui terlebih dulu arti umumnya sebagai berikut.

    Apa itu Bandwidth?

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Ilustrasi Kabel Jaringan Bandwidth | jetorbit.com

    Menurut Wikipedia, Lebar Pita atau Bandwitdh adalah besar kapasitas maksimum dari suatu jalur komunikasi untuk mengirimkan data kepada client dengan satuan Bit per Second. Jumlah kapasitas yang ada pada Bandwidth akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan Akses yang diberikan.

    Apabila kapasitas Bandwidth yang kamu miliki semakin besar, maka kecepatan transmisi data terhadap file, audio, video atau foto akan semakin cepat pula.

    BACA JUGA:  Sekarang Tukar Kartu SIM 4G Telkomsel Bisa Lewat Online dan Dapat Bonus Kouta 30 GB

    Apa Pengertian Bandwidth di Jaringan Internet

    Apa yang dimaksud dengan bandwidth di Jaringan Internet? Yakni maksimal besarnya suatu data yang ditransfer dalam kurun waktu tertentu. Hal tersebut benar memang benar adanya, arus data yang besar pastinya akan membutuhkan Bandwidth yang lebih besar.

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Ilustrasi Pembagian Bandwidth | dnetprovider.id

    Bandwidth sendiri terbagi menjadi dua jenis yakni Bandwidth Analog dan Bandwidth Digital. Bandwidth Analog merupakan rentang frekuensi dengan menggunakan satuan Hertz/Hz. Kemudian ada pula Bandwidth Digital yang merupakan jumlah suatu data yang dikirim melalui saluran komunikasi dengan menggunakan satuan Bit per second.

    Untuk mengukur bandwidth kamu bisa menggunakan satuan Mbps (megabit per second). Semakin besar data Bandwidth yang kamu miliki maka akan semakin besar pula data yang dapat melewati saluran komunikasi tersebut.

    Apa yang dimaksud dengan Bandwidth VPS

    Untuk kamu yang belum tahu Apa itu Bandwidth VPS, merupakan sebuah Bandwidth yang hanya bisa ditemukan pada Virtual Private Server (VPS). Bedanya ialah batasan Data yang dapat dipakai bandwidth VPS tergantung dari penggunaan paket yang digunakan. Jika paket semakin bagus, maka bandwidth yang didapat juga akan semakin besar.

    BACA JUGA:  Komentar Toxic Akan Ditindak Keras oleh YouTube!
    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Pembagian Server Private Banwidth | dewaweb.com

    Sebagai contoh, jika kamu menggunakan Internet dan melebihi jumlah data bandwidth yang diberikan. Maka akan berdampak buruk terhadap koneksi internet kamu, berpotensi besar menyebabkan Lagging untuk kedepannya.

    Fungsi Bandwidth

    Cukup sekian tadi penjelasan mengenai apa yang dimaksud dengan bandwidth, selanjutnya Teknodaim akan beritahukan 3 fungsi utama dari Bandwidth yakni sebagai berikut.

    1. Sebagai Ukuran dari Media Pengiriman Data

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Ilustrasi data | Pinterest

    Umumnya, Fungsi bandwidth adalah sebagai patokan untuk memilih paket yang disediakan provider. Soalnya Semakin besar ukuran bandwidth yang ditawarkan, maka layanan kecepatan internet yang diberikan juga akan semakin bagus.

    2. Membagi Kecepatan Internet

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Ilustrasi Hotspot Mobile

    Sering transfer data tapi gak tau apa itu Bandwidth? Perlu kamu ketahui kalau Bandwidth juga bisa dipakai untuk membagi kecepatan internet yang kamu bagikan. Jika kamu memasuki opsi Hots-pot atau Opsi WiFi, maka kamu bisa memilih kecepatan transfer data Bandidth yang akan diberikan.

    BACA JUGA:  Tablet Lenovo Legion Y700 Baru Hadir dengan Konektor USB-C Ganda

    3. Mengatur Besar Data yang Ditransfer

    Penjelasan Tentang Bandwidth dan Fungsinya
    Ilustrasi Data dalam ukuran Besar | Medium.com

    Fungsi ini biasanya digunakan oleh para Administrator atau Operator internet seperti Telkomsel, Smartfren dan Provider lainnya untuk mengatur besar data yang bisa ditransfer. Mereka melakukannya dengan tujuan untuk mengurangi Trafik yang tinggi agar semua Jaringan tetap menjadi stabil.

    Kesimpulan dari Apa Pengertian Bandwidth

    Setelah melihat berbagai penjelasan tadi, maka bisa disimpulkan bahwa Bandwidth adalah jumlah maksimum dari besarnya suatu data yang ditransfer dengan satuan Bit per Second. Dalam hal ini Bandwidth juga bisa disimpulkan merupakan suatu bentuk data yang selalu berhubungan dan berperan penting dalam kecepatan jaringan Internet.

    Kapasitas Bandwidth adalah salah satu hal yang paling penting dalam satu jaringan untuk menjaga kecepatan internet agar tetap stabil.


    Itulah tadi pembahasan dari Teknodaim mengenai Apa Pengertian Bandwidth dan fungsinya. Jika masih kurang paham atau punya pertanyaan terkait penjelasan tadi, bisa tulis aja langsung ke kolom komentar yang tersedia.

    BandwidthInternetInternetJaringan InternetJaringan Telekomunikasi

    In This Article

    Related Posts