Berita

Apa Itu Kode OTP dan Apa Bedanya Dengan Password Biasa?

Beberapa waktu yang lalu sempat muncul berita mengenai Kebocoran Data Pribadi. Demi mencegah terjadinya kebocoran data pribadi lagi, Menteri Komunikasi dan Informatika atau Menkeminfo yaitu Jhonny G Plate, mengimbau kepada masyarakat untuk mengganti OTP yang ada di platform digital. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas apa itu kode OTP dan apa bedanya dengan password biasa.

Tentunya imbauan Menkeminfo ini membuat netizen Indonesia kebingungan, terutama di Twitter. Banyak netizen yang bingung dan mempertanyakan maksud imbauan dari Menkeminfo untuk mengganti kode OTP.

Berikut Penjelasan Soal Apa itu Kode OTP?

Sesuai dengan judulnya, pertama kita akan membahas lebih dulu apa itu kode OTP. Jadi kode OTP merupakan sistem keamanan akun berupa kata sandi atau password yang bersifat sekali pakai. Sama seperti passwoard biasa, tujuan OTP yaitu untuk mengautentikasi akun pengguna saat ingin login ke platform digital.

Apa Itu Kode OTP
Apa Itu Kode OTP? | tribunnews.com

OTP atau Kode OTP biasanya terdiri dari 4 sampai 6 karakter, kombinasi angka dan huruf. Kombinasi tersebut munculnya selalu acak dan merupakan sistem keamanan tambahan di platfor digital selain password.

Sistem keamanan tambahan ini juga bisa dikenal sebagai autentikasi dua faktor sudah diaplikasikan di beberapa platform seperti Facebook, WhatsApp, Google dan masih banyak yang lainnya.

Tentunya fitur ini sangat membantu karena sebelum atau sesudah memasukan password utama, kita harus memasukan kode OTP, biasanya kode OTP akan masuk ke nomor HP atau email kita sehingga orang lain tidak akan bisa masuk dengan mudah ke akun kita.

Perbedaan Kode OTP Dengan Password Biasa

Perbedaan Kode OTP Dengan Password Biasa
Perbedaan Kode Otp Dengan Password Biasa | gadgetren.com

Pada point sebelumnya, kita sudah membahas soal apa itu OTP dan bagaimana sistem kerjanya. Nah pada point kali ini, kita akan membahas perbedaan OTP dengan password biasa. Perbedaan yang pertama adalah kode OTP bersifat sekali pakai dan akan berganti secara otomatis seiring dengan sesi login.

Sedangkan password biasa bersifat jangka panjang, jadi password tidak akan berubah kecuali kalau pengguna memang ingin merubahnya secara manual. Perbedaan yang kedua yaitu OTP dibuat dan diganti oleh sistem platfom, sedangkan password dibuat dan diganti secara manual oleh pengguna.

Melihat dari penjelasan tersebut, tentunya ga aneh kalau netizen cukup kebingungan soal himbauan Menkominfo soal mengganti kode OTP secara rutin. Soalnya kode OTP memang tidak bisa diganti begitu saja oleh pengguna layaknya seperti password.


Demikianlah penjelasan soal apa itu kode OTP dan apa bedanya dengan password biasa. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih, apakah informasi yang kami bagikan bisa menjawab pertanyaan kalian? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim.

What's your reaction?

Related Posts