Berita

Apa itu Blackout Challenge, Ko Bisa TikTok Digugat? Begini Penjelasannya!

Jadi beberapa waktu yang lalu dua orang tua di Amerika Serikat melayangkan gugatan kepada TikTok karena kasus kematian anaknya. Mungkin kalian bingung, kenapa anaknya yang meninggal tapi Tiktok yang harus bertanggung jawab. Jadi menurut kesaksian orang tuanya, anak mereka meninggal karena konten video Blackout Challenge yang ada di Tiktok. Nah oleh karena itu kali ini kita akan membahas apa itu Blackout Challenge.

Pada akhir bulan Juni kemarin, orang tua dari Lalani Walton dan Arriani Arroyo mengajukan gugatan kepada perusahaan TikTok di pengadilan tinggi California, Amerika Serikat. Dalam gugatan tersebut, mereka mengadu kalau kedua anak mereka harus meninggal setelah melakukan tindakan berbahaya karena mengikuti Blackout Challenge di Tiktok.

BACA JUGA:

Berikut Penjelasan Mengenai Apa itu Blackout Challenge

Seperti yang kita ketahui Challenge atau tantangan merupakan sebuah konten yang biasa kita temui dalam platform manapun. Biasanya orang yang mengupload video Challenge menantang penontonnya untuk melakukan sesuatu.

Apa Itu Blackout Challenge?
Apa Itu Blackout Challenge? | caramesin.com

Nah Blackout Challenge bukan konten video yang baru, tapi sudah sejak lama beredar di media sosial sejak 2008. Awalnya konten ini sempat redup dan kembali muncul pada 2021 di Tiktok. Menurut informasi yang kami dapatkan, Blackout Challenge merupakan konten yang berbahaya.

Soalnya konten ini menantang penonton untuk menahan nafas selama beberapa detik sampai pingsan karena kekurangan oksigen. Peserta boleh menggunakan cara seperti mencekik menggunakan tangan atau menggunakan alat bantu. Menurut laporannya sekitar ada 80 kasus kematian karena Blackout Challenge.

Menanggapi gugatan tersebut, pihak TikTok mengatakan kalau mereka telah memblokir Blackout Challenge dari fitur pencarian di aplikasinya, tapi orang tua Lalani dan Arriani berkata kalau kedua anak mereka tidak melihat Blackout Challenge dari fitur pencarian, melainkan menemukannya di halaman linimasa.


Demikianlah penjelasan soal apa itu Blackout Challenge, sebuah tantangan yang membuat TikTok digugat. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira menurut kamu apakah kasus ini sepenuhnya salah TikTok atau lalainya orang tua dalam mengawasi anak?

What's your reaction?

Related Posts