Teknodaim

    AMD Kenalkan GPU Ganas Untuk AAA Gaming 4K, Lebih Unggul dari RTX 3080?

    Setelah memberikan perlawanan yang perkasa terhadap Intel di pasar CPU, sekarang AMD resmi rilis GPU AAA Gaming 4K yang sepertinya akan menjadi idaman baru. GPU yang Teknodaim maksud adalah AMD Radeon RX 6000 Series. Sebuah kartu grafis yang memiliki performa tinggi dan punya fitur penting dalam menyajikan standar baru untuk penikmat gaming dengan rakitan PC […]

    Amd Gpu Aaa Gaming 4k By Teknodaim

    CEO AMD dan RX 6000 Series | Techpowerup.com

    Setelah memberikan perlawanan yang perkasa terhadap Intel di pasar CPU, sekarang AMD resmi rilis GPU AAA Gaming 4K yang sepertinya akan menjadi idaman baru. GPU yang Teknodaim maksud adalah AMD Radeon RX 6000 Series. Sebuah kartu grafis yang memiliki performa tinggi dan punya fitur penting dalam menyajikan standar baru untuk penikmat gaming dengan rakitan PC High End.

    Dari segi desain atau tampilan, produk lini RX 6000 Series yang AMD perkenalkan belum lama ini sudah terlihat menjanjikan performa ekstrim. Produk-produknya meliputi RX 6800, RX 6800 XT dan satu Flagshipnya yaitu RX 6900 XT sebagai GPU paling gesit yang berhasil AMD ciptakan.

    AMD RX 6000 Series

    RX 6000 Series sendiri AMD bangun dengan arsitektur gaming AMD RDNA 2 yang inovatif. Bukan hanya untuk Desktop PC saja, AMD akan menciptakannya untuk konsol, laptop dan bahkan menjanjikan akan mengimplementasikannya untuk perangkat mobile generasi mendatang.

    Si merah menyatakan bahwa produk terbaru mereka ini memiliki kombinasi performa dan efisiensi daya yang lebih optimal. Performanya mereka sebut 2 kali lipat ketimbang RDNA generasi pertama. AMD RDNA 2 membuat performanya melonjak hingga 54% per watt, dengan susunan ukuran nanometer yang sama-sama 7nm.

    AMD Kenalkan GPU Ganas Untuk AAA Gaming 4K, Lebih Unggul dari RTX 3080?
    Wujud AMD RX 6000 Series – AMD GPU AAA Gaming 4K

    AMD RDNA 2 menjanjikan bahwa performanya yang cepat juga tidak akan menguras daya listrik besar. RX 6000 Series memiliki efisiensi energi hingga 30 persen lebih baik ketimbang generasi sebelumnya.

    BACA JUGA:  7 Rekomendasi VGA Terbaik Di bawah 3 Jutaan 2020

    Teknologi AMD Infinity Cache baru juga memberikan bandwidth-per-watt hingga 2,4 X lebih besar ketimbang desain arsitektur berbasis GDDR6-AMD RDNA generasi pertama. Lalu seperti apa performa GPU AMD ini untuk AAA Gaming 4K?

    Kemampuan GPU Baru AMD Untuk AAA Gaming 4K

    RX 6000 Series kini mendukung PCIe 4.0 dengan bandwidth tinggi dan memiliki VRAM 16 GB GDDR6 untuk menyokong performa pada beban tampilan resolusi 4K. Seperti yang kita ketahui, resolusi 4K sepertinya akan menjadi standar baru pada masa mendatang, mulai dari sekarang.

    RX 6000 Series mendukung AMD Infinity Cache, ini membuat Cache data last-levelnya jadi lebih cocok untuk game 1440 piksel hingga 4K. 128 MB cache on-die juga berperan dalam mengurangi latensi dan konsumsi daya. Sehingga memberikan performa gaming keseluruhan yang lebih tinggi dari desain arsitektur tradisional.

    AMD Kenalkan GPU Ganas Untuk AAA Gaming 4K, Lebih Unggul dari RTX 3080?
    Spesifikasi RX 6900 XT – AMD GPU AAA Gaming 4K

    Lini GPU AMD ini juga berbasis Chassis Standard, memiliki panjang 267mm dan 2×8 konektor 8-pin konektor daya, dan AMD rancang dengan catu daya 650W-750W.

    Kemudian GPU ini mendukung yang namanya DirectX 12 Ultimate Support, sehingga memperkuat raytracing. Termasuk juga soal komputasi, dan efek raster, seperti Raytracing (DXR) dan Variable Rate Shading, untuk meningkatkan game ke level yang lebih detail dan segar.

    BACA JUGA:  Tips Untuk Memilih VGA Card Gaming yang Baik dan Cocok Untuk Kebutuhanmu

    Lalu ada pula yang namanya DirectX Raytracing atau DXR. Hal ini membuat engine Ray Accelerator menjadi lebih baik untuk memberikan pengoptimalan terhadap RDNA 2 dalam menampilkan detail pencahayaan real-time, bayangan, dan refleksi nyata dengan DXR.

    Selanjutnya ada Variable Rate Shading (VRS), ini akan mengurangi tingkat bayangan untuk berbagai area bingkai yang tidak memerlukan tingkat detail tinggi. RX 6000 Series juga AMD klaim memiliki kecepatan load luar biasa. Bahkan menghilangkan hambatan terkait API penyimpanan dan membatasi keterlibatan CPU. AMD GPU AAA Gaming 4K begitu keren.

    Benchmark dan Harga RX 6000 Series

    AMD Kenalkan GPU Ganas Untuk AAA Gaming 4K, Lebih Unggul dari RTX 3080?
    RX 6800 XT Versus RTX 3080 | AMD

    Dari gambar yang terlihat tampil, terlihat bahwa RX 6800 XT mampu mengungguli salah satu produk andalan Nvidia sekarang ini yaitu RTX 3080. Namun ini hanya klaim benchmark dari AMD, untuk membuktikannya sendiri kita harus membelinya atau melihat dari Reviewer.

    Untuk spesifikasi yang umum kita lihat, RX 6900 XT memiliki 80 compute unit, 16 GB VRAM, dan 2250 bost clock. Sementara untuk level lebih rendah, ada RX 6800 XT dengan 72 compute unit, 16 GB VRAM, dan 2250 boost clock. RX 6800 varian standar mempunyai 60 compute unit, 16 GB VRAM yang tentunya sudah GDDR6 dan punya kecepatan 2105 untuk boost clock.

    BACA JUGA:  AMD Bakal Terjun ke Bisnis Chipset Smartphone, Ryzen SoC?

    Dalam beberapa minggu mendatang, AMD akan merilis serangkaian video dari mitra ISV-nya yang menampilkan pengalaman gaming luar biasa. Nah apa yang tampil adalah performa dari RX 6000 Series di beberapa game yang paling penikmat game nantikan tahun ini. Video-video ini dapat kita lihat pada situs resmi AMD.

    • DIRT® 5 – October 29
    • Godfall™ – November 2
    • World of Warcraft®: Shadowlands – November 10
    • RiftBreaker™ – November 12
    • FarCry® 6 – November 17

    GPU RX 6800 dan RX 6800 XT mungkin akan tersedia dari etailer / retailer global dan juga pada situs AMD.com mulai 18 November 2020 ini. Keduanya akan masuk pada nominal 579 USD dan 649 USD.

    Sementara sang Flagship RX 6900 XT mungkin akan tersedia 8 Desember mendatang, dan ada pada harga 999 USD. GPU RX 6800 dan RX 6800 XT juga kemungkinan akan tersedia dari mitra AMD seperti ASRock, ASUS, Gigabyte, MSI, PowerColor, SAPPHIRE dan XFX tahun ini.

    Ada tanggapan atau ekspetasi khusus soal RX 6000 Series yang belum alam AMD luncurkan ke publik? Coba tulis saja pada kolom komentar. Untuk para Fanboy AMD, selamat menantikan.


    Related Posts