Berita

Amazon Gunakan Teknologi Telapak Tangan Jadi Alat Pembayaran

Situs jual beli terbesar di dunia Amazon memperkenalkan teknologi bernama Amazon One yang menghubungkan data biometrik telapak tangan ke kartu kredit. Teknologi ini akan mempermudah konsumen untuk berbelanja hanya dengan menggunakan telapak tangan. Singkatnya telapak tangan jadi alat pembayaran.

Konsumen juga bisa pergi ke swalayan tanpa harus pergi langsung ke tokonya untuk membeli produk Amazon cukup menggunakan kode OTP pada smartphone.

Implementasi Awal Teknologi Amazon One

Fitur membayar menggunakan telapak ini akan mulai tersedia pada dua toko Amazon Go wilayah Seattle. Amazon juga mempunyai rencana untuk memperluas fitur ini ke lebih banyak toko Amazon Go yang tersebar pada wilayah tersebut.

Selain Seattle, kemudian San Francisco, New York dan Chicago juga akan menyusul. Untuk wilayah yang tidak termasuk mungkin akan menyusul kedepannya, bahkan mungkin tempat publik seperti kantor, stadion, karaoke juga akan mempunyai fitur tersebut.

Dilip Kumar selaku Vice President of Physical Retail and Technology Amazon mengungkapkan, bahwa Teknologi Amazone One sebenarnya sudah lama berkembang sebelum masa pandemi.

Pada masa pandemi ini, teknologi Amazon One akan sangat berguna untuk keperluan berbelanja. Kita jadi tidak perlu untuk mengeluarkan barang ataupun bertukar barang dengan kasir, sehingga dapat tetap menjaga kontak fisik. Pihak Amazon sendiri mengatakan akan menjawab kebutuhan para konsumen yang merasa lebih aman dengan pembayaran melalui telapak tangan atau tanpa kontak.

Keresahan Keamanan Amazon Go

Sementara itu, Amazon sebelumnya pernah mendapat kecaman para pengawas kebijakan privasi mengenai software pengenalan wajahnya. Kecaman Juni lalu membuat Amazon terpaksa menyerahkan penjualan software pengenalan wajah tersebut sementara ke pihak polisi.

Teknologi Amazon One
Teknologi Pemindai Amazon One | Nairametrics

Karena hal tersebut, muncul kekhawatiran mengenai seluruh data telapak tangan biometrik yang akan raksasa retrailer AS pegang. Sementara itu, Kumar mengatakan bahwa perusahaan mereka tidak akan menyimpan informasi data apapun pada teknologi pemindai tangan tersebut.

Sebelum bisa menggunakan teknologi pemindai tangan ini, pengguna harus sudah terlebih dulu memasukkan akun kartu kredit ke dalam perangkat Amazon One. Agar pemindai menjadi seakurat mungkin, sensor kamera pemindai akan mengambil banyak gambar garis halus dan bagian belakang telapak tangan.


Bagaimana pendapatmu mengenai teknologi terbaru Amazon ini, apakah akan sangat berguna terutama di masa pandemi seperti ini? Bagikan pendapat atau pengetahuanmu pada kolom komentar yang tersedia.


What's your reaction?

Related Posts