Kebijakan Backup Data WhatsApp, Bakal Dikenakan Biaya!

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Selama beberapa tahun, pengguna WhatsApp di perangkat Android dapat menggunakan fitur backup data gratis tanpa batas di Google Drive. Namun, keistimewaan ini akan diberhentikan pada tahun 2024. Hal ini ada kebijakan backup data WhatsApp yang kabarnya menjadi berbayar.

Kebijakan Baru Whatsapp Mengenai Pencadangan Pesan (techradar.com)

Kebijakan Baru Whatsapp Mengenai Pencadangan Pesan (techradar.com)

Beberapa waktu lalu, WhatsApp mengumumkan kebijakan backup data WhatsApp di Android dan tesimpan di Google Drive akan mulai mempengaruhi batasan penyimpanan. Dalam kata lain, backup data WhatsApp di Android akan mulai menggunakan ruang penyimpanan 15GB yang tersedia secara gratis untuk semua akun Google.

Sebenarnya, menyimpan backup data WhatsApp ke Google Drive masih bisa kita lakukan secara gratis. Namun, sekarang ada batasan jumlah penyimpanan yang tersedia sesuai dengan kuota pengguna.

Kebijakan Backup Data WhatsApp, Bakal Dikenakan Biaya!
Kebijakan backup data WhatsApp (jochmmirakel.blogspot.com)

Baca Juga:

Informasi Mengenai Kebijakan Baru WhatsApp

Mulai Desember 2023, kebijakan baru ini akan berlaku kepada sejumlah pengguna beta WhatsApp. Kemudian, kebijakan ini akan WhatsApp perkenalkan secara bertahap kepada semua pengguna WhatsApp Android pada paruh pertama tahun 2024, meskipun belum ada penjelasan rinci mengenai jadwal.

BACA JUGA:  Platform X Twitter Siap Menerapkan Biaya Langganan untuk Pengguna Baru

WhatsApp akan memberikan pemberitahuan kepada pengguna 30 hari sebelum kebijakan baru ini WhatsApp berlakukan. Pengguna akan menerima pesan yang muncul dalam bentuk spanduk di menu Pengaturan WhatsApp > Chat > Cadangkan chat.

Bagi pengguna yang cemas bahwa backup data WhatsApp akan memakan banyak ruang penyimpanan di Google Drive, ada beberapa opsi alternatif yang bisa menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah dengan memindahkan chat ke perangkat baru menggunakan fitur Transfer Chat WhatsApp.

Hal yang Sebaiknya dilakukan

Selanjutnya, lebih baik gunakan pesan teks daripada mengirim foto dan video agar tidak membebani ruang penyimpanan saat mencadangkan data. Selain itu, Anda dapat berlangganan Google One untuk mendapatkan kapasitas penyimpanan Google Drive yang lebih besar, dengan biaya mulai dari Rp 26.900 per bulan untuk 100GB.

Pengguna WhatsApp di perangkat Android dapat menghapus file-file berukuran besar dan data yang sudah tidak terpakai untuk mengosongkan ruang penyimpanan sebelum menghadapi perubahan kebijakan.

BACA JUGA:  Spotify PHK Massal Ribuan Karyawan, CEO Ungkap Alasan dan Strategi Baru

Dalam kebijakan baru ini, pengguna WhatsApp di Android akan mendapatkan kesempatan yang sama dengan pengguna iPhone dalam hal backup chat. Sebelumnya, pengguna iPhone memiliki keterbatasan ruang penyimpanan karena hanya mendapatkan 5GB gratis dari iCloud.

Baca Juga:

aplikasiBeritaKebijakan Baru WhatsAppMedia Sosial

Related Posts