AplikasiMedia Sosial

Begini Cara Ampuh WhatsApp Dapat Uang Tanpa Iklan

WhatsApp telah berkembang pesat menjadi aplikasi pesan instan yang banyak digunakan saat ini, dengan jumlah pengguna yang banyak, mengataskan WhatsApp menjadi aplikasi pesan instan terpopuler mengalahkan dua aplikasi lainnya yaitu Facebook Messenger dan WeChat. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas bagaimana cara WhatsApp dapat uang tanpa iklan.

Nah dengan jumlah penggunaan yang besar, menurut analis Forbes, diperkirakan kalau WhatsApp mampu mencetak total pendapatan sampai lebih dari 5 miliar dollar AS atau sekitar 71 triliun dengan rata-rata pendapatan yang didapatkan dari tiap pengguna sekitar 4 dollar AS atau sekitar 57.000.

Cara WhatsApp Dapat Uang Tanpa Iklan

Cara Whatsapp Dapat Uang Tanpa Iklan
Cara Whatsapp Dapat Uang Tanpa Iklan | aichat.id

Tentunya angkat tersebut cuman pengukuran dari pihak lain, bukan secara resmi dikeluarkan oleh WhatsApp. Perkiraan pendapatan WhatsApp itu dihitung dengan menyamakan presentase kenaikan pendapatan dari aplikasi pesan instan lain,

Setelah diakusisi oleh Facebook atau Meta, pertahun 2014 dengan nilai 223 triliun, sejak saat itu pendapatan WhatsApp lebih sulit diketahui. Nah dulu WA pernah menerapkan kebijakan biaya berlangganan pada pengguna sebesar 1 dollar AS per tahun.

Biaya berlangganan tersebut menjadi sumber utama pendapatan WA pada saat itu, dengan adanya kebijakan tersebut, pendapatan WA jauh lebih mudah untuk di baca. Pada akhirnya WA dibuat menjadi aplikasi pesan instan yang sepenuhnya gratis.

Menurut informasi yang kami dapatkan, Jan Koum pendiri sekaligus CEO WhatsApp pada saat itu berjanji tidak akan menyelipkan iklan di platformnya. Selain memasukkan iklan di platform, rupanya WA punya cara sendiri supaya bisa mendapatkan uang, sekaligus membuat platformnya gratis diakses oleh pengguna.

Sekarang WA mendapatkan uang dari platform dengan layanan pesan khusus untuk kelas pebisnis atau pengusaha. Jadi WA menawarkan aplikasi khusus supaya pengusaha bisa berinteraksi dengan konsumennya.

Aplikasi tersebut bernama WhatsApp Business API. Berbeda dengan WhatsApp Bussines versi biasa, WhatsApp Business API ini bisa diakses oleh banyak pengguna cuman menggunakan satu nomor.

Pengguna juga bisa langsung menghubungi CS lewat nomor WA apabila terjadi keluhan terkait pelayanan. Sementara itu CS juga bisa menghubungi pengguna bila ada informasi terbaru terkait layanan.

WA yang satu ini memiliki sejumlah tagihan yang harus dibayar pengguna setiap bulannya. Tagihan tersebut dihitung berdasarkan tiap chat yang dilakukan oleh pebisnis dengan konsumennya, biaya tiap chat berbeda-beda di tiap negara.

Nah uniknya lagi, WhatsApp Business API tidak bisa di download lewat App Store atau Google Play Store. Kalian yang ingin mendapatkan aplikasi dengan menghubungi Meta Bussines Partners yang ada di tiap negara.


Demikianlah informasi soal cara WhatsApp dapat uang tanpa iklan. Nah setelah membaca artikel ini, kira-kira nih bagaimana sih menurut pendapat kalian? Terus jangan lupa untuk selalu mengunjungi Teknodaim yah.

Related Posts