Mengenal Canva Pendidikan, Dapat Meningkatkan Produktivitas

Suhartanti Siswanto

Suhartanti Siswanto

Sebenarnya, Canva Pendidikan memiliki peran penting dalam hal memudahkan proses belajar mengajar bagi seorang guru.

Canva Pendidikan (canva)

Canva Pendidikan (canva)

Canva Pendidikan membantu meningkatkan kreativitas dan produktivitas siswa dalam pembelajaran jarak jauh.

Selama masa pandemi ini, bidang pendidikan mengalami perubahan yang cepat. Hal ini terjadi karena adanya kebutuhan yang mendesak. Pandemi Covid-19 mengharuskan sekolah untuk mengubah pembelajaran yang biasanya dilakukan di ruang kelas menjadi pembelajaran virtual.

Namun, transformasi pendidikan bukan hanya terkait dengan tempat, melainkan juga metode pembelajaran dan interaksi antara guru dan peserta didik. Dalam situasi ini, teknologi memainkan peran yang dominan dalam pendidikan.

Mengenal Canva Pendidikan, Dapat Meningkatkan Produktivitas
Canva Pendidikan (Metta School Surabaya)

Guru dan peserta didik membutuhkan teknologi atau platform yang bisa mendukung pembelajaran jarak jauh. Namun, tetap memungkinkan adanya interaksi yang baik. Tujuan Canva Pendidikan adalah membantu guru dan peserta didik dalam mendapatkan pengalaman pembelajaran. Yang mana agar dapat produktif dan menyenangkan saat melakukan pembelajaran jarak jauh.

Pengertian

Canva Pendidikan adalah fitur tambahan dari Canva yang memungkinkan pembelajaran secara interaktif, kreatif, dan menyenangkan melalui lingkungan virtual.

BACA JUGA:  Waspada! Ada Aplikasi 'Update Samsung' di Google Play Store yang Palsu

Dalam situasi di mana mengumpulkan siswa di kelas tidak mungkin atau pembelajaran jarak jauh menjadi pilihan. Canva Pendidikan dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang sebanding dengan keberlanjutan, akses, dan struktur pendidikan di sekolah.

Dengan kata lain, ini adalah langkah maju dalam pembelajaran dan pelajaran online, tanpa terhambat oleh teknologi yang lambat dan usang.

Canva Pendidikan adalah layanan gratis yang Canva tawarkan kepada semua guru dan pendidik dari tingkat TK hingga SMA. Dengan Canva Pendidikan, para pendidik dapat merasakan manfaat menggunakan fitur-fitur premium. Contohnya seperti jutaan gambar, font, grafik, video, animasi, dan template yang Canva sediakan.

Selain itu, mereka juga dapat memiliki ruang kelas khusus yang memungkinkan mereka untuk mengundang siswa dan rekan guru untuk berbagi, meninjau, dan mengelola tugas-tugas.

Anda bisa mendaftar di sini dengan menggunakan alamat email dari sekolah, Kementerian Pendidikan, atau yang sudah disertifikasi oleh Google. Pastikan Anda memiliki sertifikat mengajar atau dokumen lain yang dapat membuktikan bahwa Anda adalah seorang guru untuk tingkat TK hingga SMA.

BACA JUGA:  5 Rekomendasi Aplikasi Live Chat Video Mirip Ome TV

BACA JUGA: 20 Fitur di Photoshop Agar Desain Grafis Lebih Menarik

Canva Pendidikan adalah solusi yang ideal bagi guru atau pengajar yang beralih ke metode kerja jarak jauh atau kelas online, serta bagi mereka yang ingin meningkatkan kreativitas dalam kelas. Keuntungan utamanya adalah bahwa pengajar dan semua peserta didik dapat menggunakan platform ini secara gratis, tanpa ada batasan dalam penawaran atau waktu.

Canva juga bisa kita gunakan dengan mudah pada platform lain yang sudah Anda gunakan, seperti Dropbox, Google Drive, Google Classroom, dan Microsoft Teams.

Manfaat Canva Pendidikan Bagi Guru

Canva Pendidikan adalah alat yang sangat baik dalam mengajar yang dapat mendorong kreativitas, meningkatkan kolaborasi, dan memberikan kesenangan.

Sebagai guru, kita dapat mengembangkan rancangan pembelajaran dengan menggunakan template yang telah Canva sediakan. Kita hanya perlu memilih template dengan tema yang sesuai dan melakukan sedikit perubahan agar sesuai dengan pembelajaran yang akan kita lakukan.

Canva juga menyediakan berbagai template presentasi yang sangat beragam. Anda dapat memilih template sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti warna, jenis pekerjaan, atau proyek yang sedang kita kerjakan.

BACA JUGA:  5 Aplikasi Kamus Online & Offline Bahasa Inggris-Indonesia

Layaknya aplikasi presentasi offline Powerpoint, Canva Pendidikan juga dapat kita gunakan untuk membuat slide presentasi. Selain bisa kita gunakan secara online, presentasi di Canva juga dapat di-download dalam format file pdf, ppt, atau gambar.

Dengan menggunakan file gambar atau pdf, presentasi dapat lebih mudah untuk kita bagikan kepada orang lain, seperti orang tua siswa, rekan kerja, atau siswa itu sendiri. Seperti layanan cloud lainnya, Canva Pendidikan juga mudah untuk kita bagikan dalam bentuk tautan.

Ada berbagai pilihan fitur berbagi, mulai dari tautan presentasi yang hanya dapat kita lihat, edit, atau kita gunakan sebagai template.

Fitur yang paling menarik dan patut kita coba pada Canva Pendidikan adalah “present and record”, di mana Anda dapat merekam presentasi Anda dengan menampilkan video diri Anda saat melakukan presentasi. Hasil dari fitur ini berupa video yang dapat kita unduh dalam format .Mp4 atau tautan video yang dapat kita bagikan.

aplikasiAplikasi CanvaCanvaCanva for EducationCanva Pendidikan

Related Posts