AplikasiListicleMedia SosialSoftware

5 Aplikasi Livestream Untuk Mengajar Online #DiRumahAja

Sebelum bahas soal aplikasi livestream #DiRumahAja, Teknodaim mau ngasih tau nih bahwa kita sekarang punya Channel YouTube. Dimana disana kamu bisa menemukan konten video Tutorial, Review dan lain-lain, klik tombol Subscribe ya.

Covid-19 atau virus Corona jenis baru yang mewabah hingga hampir seluruh negara ini memang menjadi masalah terberat saat ini. Banyak hal terjadi, mulai dari masalah persediaan kebutuhan makanan hingga menganggu pendidikan.

Buat kamu yang tak bisa berkunjung ke tempat nongkrong, rumah teman untuk belajar bersama atau aktivitas belajar-mengajar yang terpaksa harus berlangsung secara online, berikut ada beberapa aplikasi livestreaming yang bisa jadi pilihan.

5 Aplikasi Buat Layanan Belajar Online

Kamu bisa menyarankan aplikasi-aplikasi yang Teknodaim rangkum ini ke guru untuk diterapkan dalam pengoperasian belajar jarak jauh. Nah dengan demikian, materi pelajaran bisa berjalan dan didiskusikan bersama-sama, ini dia daftarnya:

1. Facebook

Aplikasi Livestream By Teknodaim
Foto Ilustrasi | Thenextweb.com

Salah satu rekomendasi aplikasi livestream yang fiturnya sudah cukup lengkap dan mempuni adalah layanan siaran langsung yang ada di platform Facebook. Jadi untuk menjalankan pelajaran kelas, bisa belajar menggunakan akun Facebook.

  • Lakukan seperti kita membuat postingan, klik Apa yang Anda pikirkan di beranda.
  • Kemudian akan muncul fitur go live di bawah menu upload foto.
  • Klik opsi tersebut dan kamu bisa membuat tayangan siaran langsung.
  • Atur privasi siaran sehingga bisa diakses oleh murid-murid saja.

Atau:

Kamu juga bisa menggunakan metode lain dengan cara yang hampir serupa yaitu melakukan siaran langsung di grup yang anggotanya adalah para murid dan juga mereka yang bertugas untuk mengawasi kelas. Langsung saja, silahkan Klik Disini.


2. Meeting Zoom

Aplikasi Livestream By Teknodaim
Foto Ilustrasi | Pleasekickmybutt.com

Salah satu aplikasi livestream yang menjadi andalan para pekerja dengan tugas Working From Home adalah Zoom. Aplikasi yang satu ini menjadi pilihan terbaik untuk mendiskusikan proyek atau seputar pekerjaan dengan para karyawan lain.

Kualitas video dan audio yang dihasilkan oleh aplikasi ini sudah sangat bagus, tidak mengurangi kualitas yang dihasilkan oleh Hardware semestinya. Disini fitur keamanannya juga sudah sangat terjamin, sehingga pengguna bisa merasa aman.

  • Download terlebih dahulu softwarenya, Klik Disini.
  • Lalu klik Gabung Rapat jika kamu ingin bergabung tanpa mendaftar akun.
  • Masuk ke Zoom lalu klik Gabung, setelahnya silahkan masukkan nomor ID rapat.
  • ID rapat bisa ditentukan atau dibuat oleh siapa saja.
  • Silahkan tulis nama tampilan atau nama pengguna anda.
  • Sekarang klik Gabung untuk menghubungkan audio dan video ke ruangan online.

Program yang satu ini bahkan sudah mendapatkan banyak sekali penghargaan dan juga direkomendasikan oleh banyak orang. Jadi bisa jadi pilihan yang tepat.


3. WhatsApp

Aplikasi Livestream by Teknodaim 3
Aplikasi Livestream By Teknodaim

Kembali ke jagat Facebook, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi besutan mereka yang laris manis di kalangan pengguna ponsel. Aplikasi ini umumnya digunakan untuk berkirim pesan instan, namun disediakan juga fitur untuk video call grup.

Dengan WhatsApp saja, kamu tidak perlu mencari aplikasi alternatif lain supaya bisa menjalankan kegiatan belajar-mengajar. Jika kamu adalah seorang guru, bisa langsung membuat kelas online dengan waktu singkat. Belum tau> Ini caranya:

  • Buka WhatsApp, cari salah satu kontak yang menjadi peserta kelas online (Grup).
  • Kemudian klik ikon kamera untuk melakukan video call.
  • Tunggu hingga terhubung, dan akan muncul ikon orang di kanan atas.
  • Klik ikon tersebut dan pilihlah kontak lain untuk masuk ke grup call.
  • Anggota lain juga bisa melakukan hal yang sama.

Atau:

  • Buat Grup WhatsApp khusus, undang kontak-kontak untuk menjadi anggota.
  • Jika semua sudah berkumpul, klik ikon VC untuk memulai grup call.

4. Twitch

Aplikasi Livestream by Teknodaim 4
Logo Twitch

Aplikasi livestream berikutnya adalah Twitch, platform ini menawarkan layanan livestreaming yang mudah diakses bagi pengguna dan juga penonton. Untuk guru, Twitch bisa menjadi salah satu alternatif terbaik buat bikin kelas pelajaran online.

Namun untuk bisa melakukan livestreaming dan menjalankan kegiatan belajar-mengajar secara digital, kamu harus memiliki akun terlebih dahulu. Klik Disini.


5. Instagram

Aplikasi Livestream by Teknodaim 5
Foto Ilustrasi | Theverge.com

Di daftar penutup, kita kembali merekomendasikan salah satu platform bagian dari Facebook yaitu Instagram. Untuk fitur kelas online yang bisa dibuat disini cara kerjanya serupa dengan yang ada di WhatsApp. Kita bisa video call grup.

Mudah aja kok, klik bagian menu stories di bagian pojok kiri atas, geser ke menu paling bawah sebelah kanan sampai muncul tulisan Live. Setelah itu silahkan klik untuk lakukan livestreaming. Atur privasi supaya hanya bisa dilihat follower saja.

Pengguna atau orang yang dapat melihat tayangan tersebut bisa meminta untuk ikut bergabung dalam tayangan sehingga buat berkomunikasi akan lebih mudah.


Sebenarnya ada banyak aplikasi yang dirancang memang sebagai layanan belajar online, namun yang Teknodaim rekomendasikan ini adalah yang sudah teruji dan gratis. Jika kamu punya tambahan atan saran lain, boleh dong tuliskan di bawah.

What's your reaction?

Related Posts